BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 08 Januari 2010

Microsoft Silverlight 2.0, High Events In High Technology


IT News - Pada Sabtu (08/11) kemarin, baru saja diselenggarakan salah satu high events dari rangkaian Seminar dan Workshop BeritaNET.Com - 1st Anniversary di Laboratorium Computer UKDW, yaitu Workshop Microsoft SilverLight 2.0 dengan mengambil tema “Building Rich Internet Applications in Web 2.0 Era”. Workshop Microsoft SilverLight 2.0 ini merupakan hasil kerjasama BeritaNET.Com dengan Microsoft Indonesia.

Workshop yang berkonsep full-day training ini dipandu langsung oleh team Microsoft Indonesia, Ridi Ferdiana dan Komang Juli Sapta. Acara tersebut dimulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, diikuti oleh peserta dari berbagai daerah dan latar belakang profesi di bidang IT, bahkan ada pula peserta yang berasal dari luar kota mengkhususkan diri datang langsung untuk mengikuti workshop tersebut.

Acara workshop ini dibagi dua sesi, pada sesi pertama peserta diajak mengenal dasar-dasar SilverLight beserta berbagai macam teknologi di dalamnya secara interaktif mempergunakan Microsoft Virtual PC 2007. Dalam workshop ini, peserta dapat langsung mengikuti dan mempraktekkan materi yang diberikan pada masing-masing PC yang disediakan untuk peserta (1 PC/person). Selain itu peserta juga mendapatkan pembagian DVD Visual Studio 2008 dari Microsoft Indonesia, beserta penjelasan mengenai Microsoft SilverLight, mulai dari coding sisi developer hingga desain animasi di software Microsoft Expression Blend 2.0, serta coding dasar XML di Microsoft Visual Studio 2008 dengan fondasi Microsoft .NET 3.5 SP1 untuk pembuatan animasi SilverLight. Workshop juga diselingi dengan lunch dan break, sebelum memasuki sesi kedua.

Sesi kedua atau terakhir, lebih banyak menekankan pada coding pembuatan animasi SilverLight secara lebih lanjut hingga cara menampilkan animasi gambar dan video berbasis SilverLight. Setelah sesi kedua, dilanjutkan dengan pertanyaan dan pembagian doorprize dari penyelenggara. Para peserta workshop juga akan mendapatkan sertifikat langsung dari Microsoft Indonesia.

Menurut team Microsoft Indonesia, SilverlLight adalah sebuah technology plug-in lintas browser dan lintas platform untuk menyajikan pengalaman media berbasis .NET generasi berikutnya, dan juga aplikasi web yang interaktif. SilverLight sendiri dapat menghantarkan RIA (Rich Internet Application) seperti video, audio, dan animasi yang menarik dan interaktif.

“Silverlight sangat menguntungkan karena akan menjadi investasi Anda dalam bidang pemrograman, baik untuk sekarang maupun untuk masa depan. Jadi Anda tidak akan lupa dengan pemrograman sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Seperti layaknya ‘plug and play’, namun dengan Silverlight, Anda tidak menggunakan action script, tetapi Visual Basic. Jika Anda pandai dalam menggunakan JavaScript, Anda dapat bermain di Silverlight 1. Jika Anda bisa mengembangkan JavaScript dan dotnet, maka Anda bisa bermain di Silverlight 2.” kata Ridi menjelaskan.

Acara ini juga didukung penuh oleh Penerbit Andi, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Microsoft Indonesia, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), PT. Cipta Sarina Vidi, dan berbagai media cetak dan elektronik lokal. Masih dalam rangkaian acara 1st Anniversary BeritaNET.Com, akan diselenggarakan rangkaian Seminar Nasional di bidang IT dan bisnis pada hari Senin (17/11) di Grha Sarina Vidi.

0 komentar: